3 bukuit yang menarik di kakki gunung rinjani sembalu lombok

1. BUKIT PERGASINGAN

 
      Bukit pergasingan ini adalah salah satu bukit yang terletak di kaki gunung rinjani atau labih tepatnya di desa sembalun, lombok timur, NTB, indonesia. Yang memiliki ketingian 1750 mdpl tetapi titik awal untuk memulai pendakian berada di ketingian 1100 mdpl yakni desa sembalun jadi ketinggian yang sebenarnya akan di tempuh adalah 650 m dan akan membutuhkan waktu 2,5 jam perjalanan dari desa semmbalun untuk bisasa sampai ke tempat camp. Bukit ini adalah salah satu destinasi wisata yang sering di kunjungi oleh para wisatawan asing maupun local untuk menghabiskan waktu luang atau liburannya karena bukit ini terkenal dengan keindahan viewnya yang sangat menawan. Dari bukit ini kita bisa melihat langsung pemandangan gunung rinjani tepat di depan mata yang sudah tidak asing lagi bagi kita, sunrise, sunset, desa sembalun dan hamparan sawah hijau yang luas. itu semua tertata dengan rapi sehingga membuatnya lebih menarik dan bisa membuat mata anda merasa dimanjakan untuk melihat keindahannya. yang sayang untuk anda lewatkan.

Pemandangan hamparan sawah dan desa sembalun dari bukit pergasingan

Pemandangan desa sembalun pada malam hari 

2013-08-16 18.15.23
Sunset dari bukit pergasingan
2013-08-17 06.19.18
Sunrise dari bukit pergasingan


2. BUKIT TELAGA

    
  Bukit dandaun adalah salah satu bukit yang berada di sembalun, lombok timur yang sering di kunjungi oleh para wisatawan asing maupun lokal. Memiliki ketinggian sekitar 1600 mdpl. Dan dari bukit ini kita bisa melihat keindahan panorama desa sembalun, hamparan sawah hijau dan sekaligus sunrise yang sangat luar biasa indahnya untuk yang di sisi sebelah timurnya dan di sisi yang sebelah barat akan di suguhkan dengan keindahan pemandangan alam gunung rinjani dan padang savana. Membutuhkan waktu 2 jam untuk bisa sampai kepuncaknya dan 1,5 jam untuk sampai ke savananya dari desa sembalun. Desa sembalun berada di ketinggian 1100 mdpl dan karena memulai pendakian dari desa sembalun maka ketinggian yang akan ditempuh sekitar 500 m. Dimana padang savana ini adalah ladang yang di manfaatkan masyarakat sembalun sebagai tempat untuk melepas sapi-sapi mereka yang sengaja dilepes karena mereka tidak mempunyai kesempatan untuk merawatnya karena sibuk dengan pekerjaannya sebagai petani dan biasanya orang yang punya sapi akan menjenguknya satu kali dalam satu minggu. Dan anehnya sapi-sapi itu sangat mengenal suara majikan atau pemiliknya. Dan jika kita ingin melihatnya secara dekat kita cukup membawa campuran dari air dan garam dan teriak mengatakan EK MAAAA maka kita akan di kerumuni oleh ratusan sapi yang kita tidak bisa temukan di tempat lain. Dan inilah yang menjani daya tarik tersendiri dari bukit dandaun ini.

Savana dandaun hill


3. BUKIT SELONG


        Bukit ini adalah salah satu bukit yang berada di desa sembalun, lombok timur. Dan bukit ini adalah bukit yang paling diminati oleh para wisatawan asing maupun local karena bukit ini adalah bukit yang paling rendah di desa sembalun tapi kalo ditanya dengan keindahan bukit ini juga tidak kalah  indahnya dengan bukit yangn lainnya. dari bukit ini kita bisa melihat panorama agrowisata mayarakat sembalun yang terbentang luas (Banket Timuq) di sisi sebela timurnya dan kita dapat melihat panorama desa sembalun dengan keindahan puncak gunung Rinjani serta sutset yang terbenam tepat disamping gunung rinjani untuk sisi yang di sebelah baratnya. Dan untuk perjalanan dari desa sembalun ke bukit ini kita akan melewati kebun bambu yang sangat menarik yang tidak bisa di temukan di tempat lain dan tentunya inilah yang menjadi daya tarik tersendiri dari tempat ini.

Hamparan sawah dari bukit pergasingan


Contact:
Email      : donasembalun@gmail.com
Ig            : sembalunexplore
Whatsup : 081916555869

Tidak ada komentar:

Posting Komentar